Vipros X Motor Bikinan Indonesia

Posted on 18.35 by FIAN MUSE

KOMPAS.com - Ternyata, motor bikinan Indonesia tidak jelek-jelek amat. Nih, Vipros X diluncurkan dari Yogyakarta oleh PT Mega Andalan Motor Indonesia atau MAMI. Motor ini dibikin dalam dua versi, yaitu Vipros 100 dan Vipros X 125. Keduanya mengandung 80 persen komponen lokal. "Hanya mesin yang didatangkan dari Zongzhen, China," ungkap Mardyson, Kepala Marketing PT MAMI.

Mardyson menjelaskan lebih lanjut bahwa blok kiri dan kanan diproduksi sendiri. Sekarang ini, motor tersebut baru diproduksi sebanyak 75 unit. Rencananya, mereka akan membuat 500 sampai 750 unit per bulan.

Arif Budiman selaku perwakilan bagian teknis menegaskan kalau motor sudah dites jalan. Hasilnya, "Bisa bersaing dengan produk lain. Hentakan mesin terasa dan bisa diandalkan di jalanan menanjak. Keduanya memakai sistem pengapian CDI dan kapasitas tangki 4 liter," papar Arif.

Dimensi panjang, lebar, dan tinggi X 125 yakni 1.910 mm, 690 mm, dan 1.100 mm. Adapun jarak sumbu roda 1.240 mm. "Motor ini memiliki tenaga maksimum 6,3 kW pada 8.000 rpm," papar Arif. Dimensi di atas sama dengan Vipros 100, hanya beda pada tenaga yang 5 kW di putaran 8.000 rpm.

Mardyson yakin, produknya bisa diterima masyarakat Indonesia. Hanya, untuk sekarang ini, pemasarannya baru sebatas Yogyakarta dan Jawa Tengah.

FACEBOOKER dan KASKUSER komenya yaaaah