Peluncuran Atlantis

Posted on 04.01 by FIAN MUSE

Pesawat ulang alik Atlantis milik Amerika Serikat dengan enam awak akhirnya diluncurkan, Senin (16/11) pukul 14.28 waktu setempat atau Selasa pukul 02.28 WIB dari Kennedy Space Center di Florida. Misi 11 hari Atlantis adalah memperpanjang usia pemanfaatan stasiun ruang angkasa internasional (ISS) yang akan selesai beroperasi tahun depan.

Atlantis akan membawa berbagai suku cadang. Suku cadang itu di antaranya untuk instalasi antena dan tangki oksigen. Komandan Pesawat Atlantis Charles Hobaugh mengatakan, "Stasiun ruang angkasa sekarang menjadi kendaraan yang luar biasa. Kami hanya perlu menyediakan berbagai keperluan suku cadang untuk menjaga keberlangsungannya."

Atlantis akan membawa pulang kru terakhir stasiun ruang angkasa tersebut, Nicole Stott. Memperpanjang usia pemanfaatan sebuah stasiun ruang angkasa merupakan salah satu rekomendasi dari sebuah panel yang menelaah program luar angkasa AS. Pemerintahan Barack Obama sedang mempertimbangkan perubahan anggaran sebesar 18 miliar dollar AS, sekitar setengah biaya yang digunakan untuk eksplorasi ruang angkasa.

Selain Hobaugh, para awak lain dalam penerbangan Atlantis adalah pilot Barry Wilmore, insinyur penerbangan Randy Bresnik, beserta para astronot lain, yaitu Michael Foreman, Leland Melvin, dan Robert Satcher.

Sumber







FACEBOOKER dan KASKUSER komenya yaaaah